Pemda Bersama Kemenag Konsel Gelar Rapat Penentuan Zakat Fitrah Dan Jadwal Safari Ramadhan

LiputanToday.com (Andoolo) – Dalam rangka persiapan menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Idhul Fitri 1439 H, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Rapat bersama Kementerian Agama untuk menentukan jadwal Safari Ramadhan dan besaran pembayaran Zakat Fitrah, bertempat di ruang rapat Rujab Bupati, Rabu (16/5/2018).

Acara rapat yang di pimpin langsung oleh Bupati H. Surunuddin Dangga, ST.,MM, serta dampingi Asisten Satu Setda Ir. Agusalim, M.Si, dan Kakandepag Konsel Adnan Saufi, S.Pd.,M.Si, Ketua Baznas, Ketua MUI dan para Kepala OPD, Bagian, Camat Lingkup Pemda Konsel.

“Sesuai Keputusan Kemenag RI yang telah menentukan awal puasa esok hari untuk seluruh umat Islam Indonesia, oleh karena itu saya undang seluruh Pihak terkait hingga camat agar kita melakukan pertemuan hari ini sebagai persiapan mengisi kegiatan bulan ramadhan dengan melakukan safari sekaligus menentukan besaran zakat Fitrah,” Ucap Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga dalam membuka dialognya saat memimpin rapat.

Lanjut Surunuddin, Dimana untuk Safari Ramadhan akan dimulai pada hari sabtu mendatang yang dilaksanakan selama 11 hari yang menjangkau 25 Kecamatan dan berakhir 8 hari sebelum Shalat Idul Fitri (Id), yang terbagi dalam tiga Tim sehari yang bisa menyelesaikan kunjungannya di tiga Kecamatan sekaligus dengan sebelumnya berkumpul di satu titik mewakili kecamatan tersebut, dimana anggotanya seluruh Pimpinan SKPD dan bagian tanpa terkecuali serta unsur Forkopimda, MUI, dan Baznas. “Salah satu contoh alur pembagiannya, pada hari Sabtu tim akan safari di tiga Kecamatan sekaligus yakni di Kec Laeya, Lainea dan Wolasi, yang mana seluruh tim berbuka puasa di pusatkan di Punggaluku Kec. Laeya sekaligus peresmian Puskesmas setempat, usai sholat magrib tim berbagi tugas dan menyebar ke dua Kecamatan berikutnya yang telah ditentukan, dan selanjutnya sama di Wilayah lain,” urai Surunuddin.

Jadi, kata Surunuddin, setiap Tim yang telah dibentuk wajib hadir dan mampu membawakan Ceramah, sehingga bagi para pimpinan OPD termasuk para kepala bagian, Camat yang memiliki kemampuan dakwah agar mengaplikasikannya pada kegiatan ini, sekaligus yang terpenting adalah bagaimana kita mendekatkan diri kepada masyarakat dengan mensosialisasikan seluruh program Pemda yang telah kita laksanakan dan akan kita terapkan agar masyarakat juga tahu apa yang kita kerjakan dan memberikan pemahaman pentingnya berzakat sekaligus menyampaikan besaran Zakat Fitrah dan Zakat Mal, sehingga mereka merasa senang dan terbantu mendapatkan informasi akurat dengan kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat dalam setiap kegiatan termasuk kegiatan keagamaan ini, juga sebagai bagian dari pengawasan kepada masyarakat agar satu persepsi dan pemahaman dengan pemerintah untuk mencegah beda pendapat yang dapat merugikan sekaligus untuk meningkatkan amal ibadah kita semua.

Selanjutnya Surunuddin juga mengatakan “Saya juga instruksikan kepada para kepala desa dan Camat agar pro aktif dalam kegiatan ini, salah satunya memberikan pemahaman dan pengertian kepada pemilik tempat usaha hiburan, rumah makan dan warung agar tidak buka dibulan ramadhan, termasuk memasang spanduk disetiap masjid tentang ajakan beribadah, yang pada intinya saya mengajak kepada seluruh pihak agar kita sukseskan kegiatan keagamaan ini dengan mengisi dengan hal-hal yang baik yang juga mampu memberikan kesehatan jasmani dan rohani kita semuanya, sehingga cipta masyarakat yang religius dan amanah,” tuturnya.

Mengakhiri rapat tersebut, Bupati Konsel usai berdialog bersama Kemenag, pihak MUI dan Baznas Kab. Konsel, menyampaikan bahwa sesuai data hasil survey Tim Disperindag harga rata-rata beras dipasaran yang biasa dikonsumsi masyarakat konsel, maka di putuskan untuk pembayaran Zakat Fitrah pada bulan suci ramadhan Tahun 2018 – 1439 H yakni untuk Beras 2.5 Kg atau 3.5 liter dengan nilai uang bagi warga yang mengkonsumsi Beras Konawe sebanyak Rp. 25.000, Beras Super Rp. 30.000 Perkepala/jiwa.

“Dan saya himbau kepada seluruh OPD Lingkup Pemda Konsel wajib membayar Zakat di Kabupaten Konsel jangan ditempat lain, termasuk diri pribadi akan membayarkan Zakat Fitrah dan Zakat Mal penghasilan senilai 2,5% dari total gaji saya sebagai Bupati setiap bulan,” pungkas Surunuddin.

Penulis : Edison.

Welcome
Comments
Loading...
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: